Rabu, 12 Juni 2013

Nasi Liwet Dan Wedang Bangsawan, Makanan Favorit Saat Berkunjung Ke Cirebon

Saat ingin melewati arah Cirebon atau sebaliknya, terdapat wilayah Gronggong, Anda akan melihat suatu wilayah yang ada di Puncak, Jawa Barat. Dengan suasana yang hadir dengan udara semilir sejuk, rumah penduduk dan sawah yang menjadi pesona dari ketinggian serta rumah makan berjajar di sepanjang jalan.

Disana terdapat Restoran Klapa Manis. Setelah masuk, anda akan merasa berada dengan nuans apedesaan. Rumah makan ini menghadirkan desain yang menggunakan dinding dan perabotnya dari kayu dan bamboo. Nono Warsono, selaku GM dirumah makan ini yang sudha ada sejak Agustus 2010, buka mulai jam 10.00 hingga 22.00, untuk malam Minggu sampai jam 23.00.


Restoran Klapa Manis ini semakin unik dengan bentuknya yang memiliki empat lantai dengan suasana berbeda, lantai satu menjadi tempat bagi pengunjung umum. Untuk lantai dua digunakan untuk privat, seperti rapat, pertemuan perusahaan, dan ulang tahun.

Lantai tiga cocok untuk lesehan. Disana tersedia ranjang tempat tidur zaman dulu untuk tempat lesehan. " Dulu orang memakai kelambu yang dipasang di sana. Itu kita jadiin tempat lesehan, namun tanpa kelambu, " ujur tutur Nono. Disini juga terdapat mesin jahit sebagai meja untuk makan.

Untuk lantai empat terdapat sebuah pendopo yang dapat dijadikan tempat resepsi pernikahan dan pesta. Terdapat juga joglo di sana. Urusan makanan, terdapat menu andalan yaitu nasi liwet ang merupakan salah satu menu favorit di sini.

Nasi liwet dibuat dengan bentuk paket yang dapat dimakan hingga empat orang. Dengan isi ayam ungkap, pepes ikan peda, tempe tahu, lalapan, dan sambal lalap. Sambel lalap hadir dengan rasa yang pedas manis padahal cabe sangat merah menggoda. Ditambah dengan pete bakar dan goreng dan untuk ayamnya digunakan ayam pejantan.

Selain nasi liwet terdapat minuman favorit disini yaitu wedang bangsawan atau wedang rempah-rempah. Ada wedang uwuh yang terbuat dari daun sirih, daun jeruk, kayu secang, jahe dan gula batu. Wedang merah dari kayu secang. Paling enak diminum saat panas.


Wedang bangsawan adalah minuman yang baik untuk kesehatan. Sangat berguna untuk meredakan pegal linu dan masuk angin. Restoran Klapa Manis ada di Jalan Raya Cirebon Kuningan, Gronggong, Desa Patapan, Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Restoran ini merupakan restoran yang pas untuk keluarga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar