Selasa, 18 Juni 2013

Menikmati Gulai Itik Hijau Di Tengah Indahnya Alam Ngarai Sianok

Di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tepatnya di ngarai Sianok terdapat warung makan bambu. Tempat yang cocok untuk menikmati kuliner khas Sumatera barat dengan tempat yang menawan dan indah. Tempat makan ini hadir dengan dua pilihan, menikmati makan dengan suasana wisata alam Ngarai Sianok di luar ruangan atau di bawah atap bambu warung.

Menikmati kuliner khas Sumatera barat dengan keindahan wisata alam Ngarai Sianok, Rumah Makan Lansano Jaya adalah rumah makan yang terkenal untuk para wisatawan di Bukittinggi, Sumatera Barat. Selain karena lokasinya, juga karena menunya yang spesial seperti gulai itik hijau.


Gulai itik hijau terbuat dari bumbu gulai dengan cabe hijau. Bumbu gulai akan digunakan untuk semua  bagian daging itik. Biasanya yang disajikan adalah itik jantan muda, dengan usia tiga bulan. Menurutnya daging itik jantan terasa lebih lembut. Namun jika memakai itik betina, biasanya akan mengolah itik yang muda dan belum pernah bertelur.

Begitu pun untuk cabai yang digunakan gulai itik. Penggunaan cabai hijau kampung lebih menyerap, semakin sering dimasak justru akan terasa nikmat dan rasanya dan bahannya tahan lama. " Cabai kampung lebih enak dengan warna yang memikat dan tahan lama. Masakan juga akan tahan lama dalam rasa maupun soal daging yang diolah, ” ujarnya.

Daging itik yang sudah dibersihkan akan diolah memakai gulai cabai hijau. Tempat memasaknya juga biasanya menggunakan kuali besi besar bernama kancah. Tak perlu waktu lama dalam pengolahan gulai ini, hanya butuh beberapa jam sampai dagingnya terlihat pucat.

Kuliner Khas Sumatera Barat ini biasanya menjadi hidangan favorit para wisatawan yang disajikan panas-panas. Walau bumbu utamanya adalah cabai, namun masakan ini tidak terlalu pedas karena bumbu gulai sudah menyerap ke dalam daging itik.


Selain gulai itik hijau, ada juga masakan gulai lain yang menjadi favorit yaitu gulai ikan dan ayam, sayur, dan sambal. Sambil menikmati wisata alam Ngarai Sianok, anda akan merasakan beragam makanan dengan khas minang yang selalu dengan bumbu yang terasa dan nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar