Jumat, 31 Mei 2013

Pindang Ikan Patin, Kuliner Khas Palembang Dengan Rasa Segar Dan Nikmat

Pindang ikan patin merupakan kuliner khas Palembang, Sumatera Selatan lain dari makanan empek-empek dan tekwan. Rasa makanan ini dengan sensasi pedas, asam, dan manis yang hadir bersamaan dengan ikan pantin yang segar dan empuk.

Untuk anda yang ingin mencoba kuliner khas Palembang saat melakukan wisata di Palembang, ada dua tempat yaitu Rumah Makan Pindang Musi Rawas, Jalan Angkatan 45 No 18, dan Rumah Makan Sri Melayu, Jalan Demang Lebar Daun. Keduanya hadir dengan rasa yang unik dan tentu enak.

Kedua tempat ini sangat luas dan nyaman. Biasanya terdapat banyak lesehan dari pada duduk dengan meja disana. Tidak perlu lama-lama, karena anda akan segera dilayani pelayan restoran dan anda akan langsung mendapat pesanan Anda. Disana banyak menu andalan di rumah makan ini.

Menu-menu andalan disana yaitu pindang ikan patin, pindang tulang (pindang iga sapi), pindang bawung, pindang salai dan pindang udang. Apalagi akan tambah nyaman karena pesanan tidak perlu ditunggu lama karena akan segera tersaji.

Nasi panas dengan bakul akan tersaji dengan lalapan yang terdiri dari terong bulat, kacang panjang, wortel, timun, daun kemangi dan potongan labu. Ada juga ikan seluang, yang menjadi khas Sungai Musi, yang digoreng kering. Ikan teri dengan ukuran besar yang juga diolah.

Pepes patin goreng, bedug yang dibuat dari campuran daging ikan gabus dan pepaya muda, ada juga sambal hati udang, tempoyak yaitu durian mentah yang difermentasikan lalu dengan cabe merah dibungkus menggunakan daun pisang dan dipepes, juga ada sambal. Dan menu utama, Pindang ikan patin.

Menggunakan potongan cabe, daun kemangi, nanas yang disatukan dengan potongan ikan patin dan kuahnya yang merah. Untuk pindang tulang, sama dengan sop iga. Bedanya terdapat dalam kuah kental dan bumbu. Terdapat potongan tomat dan cabe rawit di dalam kuahnya.

Untuk harganya makanannya antara Rp 15.000 hingga Rp 70.000. Namun dengan tempat yang terbatas, ada 10 sampai 15 meja, pengunjung harus memesan atau antre. Khususnya di jam makan siang. Antrean dapat sangat panjang dan pastinya akan mendapat nomor jika sedang padat.


Tentunya anda akan terpuaskan jika sedang melakukan wisata di Palembang. Jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Palembang ini. Beragam jenis menu dan rasa yang lezat akan segera melengkapi perjalanan anda dan menambah cita rasa akan kuliner Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar