Selasa, 02 Juli 2013

Durian Musang King, Durian Manis Dan Nikmat Khas Malaysia

Ternyata bukan hanya Medan atau Bangkok yang mempunyai durian khas yang banyak digemari para wisatawan. Ibukota Malaysia, yaitu Kuala Lumpur juga memiliki buah ini dengan nama durian Musang King. Buah ini merupakan durian khas Malaysia yang banyak diburu oleh para wisatawan yang ingin melakukan wisata kuliner di Malaysia.

Warga Malaysia mengatakan bahwa durian khas Malaysia merupakan buah yang paling utama atau dengan sebutan raja dari dinasti buah-buahan. Salah satu daya tarik wisatawan berlibur ke negeri Jiran ini adalah untuk mencicipi durian Musang King ini. Dan untuk menikmatinya ternyata mempunyai aturan.


Musang King sangat beda dengan durian Monthong dari Thailand atau dari Indonesia. Buah yang menjadi salah satu wisata kuliner di Malaysia ini memiliki rasa yang manis, daging yang tebal dengan tekstur lembut. Warna daging buahnya kuning dan agak kering seperti kunyit.

Musang King ternyata hanya dapat dinikmati jika buahnya matang dengan sendirinya. Menurut cerita yang berkembang, jika dipetik sebelum matang, walau sudah memiliki warna kekuningan, rasanya akn tetap hambar dan tidak enak.

Para wisatawan yang memakan buah ini tidak boleh mencampurnya dengan alkohol seperti vodka atau anggur. Karena dapat membuat pengaruh berat bagi tubuh bahkan tidak sadarkan diri. Untuk mencicipi durian khas Malaysia ini, dapat dibeli di Jalan Alor di Kuala Lumpur. Hanya 5 menit jika berjalan kaki dari stasiun monorail Bukit Bintang.

Di sepanjang jalan Alor akan banyak para penjual makanan karena merupakan pusat wisata kuliner di Malaysia. Harga buah ini beragam sesuai dengan  bentuknya, ada yang 20 RM sekitar Rp 62.000 hingga 25 RM per kilonya atau sekitar Rp 78.000.



Nama Durian Musang King ternyata berasal dari sebuah gua di Kelantan, yaitu Gua Musang. Khas dari buah ini adalah rasa dan aromanya. Baunya harum tidak begitu menyengat. Dagingnya tebal dan bijinya kecil dan tak mengandung terlalu banyak air.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar